Sabtu, 14 Oktober 2017

Mengasah Writing Skill melalui postingan di media sosial

Dulu, sewaktu saya masih menjadi mahasiswi Sastra Inggris, saya terkadang  memposting tulisan berbahasa Inggris di akun media sosial Facebook milik saya. Namun, tiba-tiba ada seorang teman yang berkomentar, “ Postingannya pake bahasa Indonesia ajalah yang jelas-jelas bahasa nasional kita, gak usah gaya-gayaan sok pake bahasa Inggris.”


Bahasa Inggris itu salah satu alat komunikasi, bukan alat untuk gaya-gayaan !! Dan menggunakan bahasa Inggris bukan berarti tidak pernah menggunakan bahasa Indonesia, bukan berarti tidak menjunjung tinggi bahasa persatuan kita. Selama digunakan sesuai porsinya, tidak masalah kan?!
Saya terkadang memposting tulisan dalam bahasa Inggris karena teman di Facebook saya bukan semuanya orang Indonesia. Pernah suatu ketika saya memposting gambar beserta tulisan dalam bahasa Indonesia, ada seorang teman saya dari luar negeri berkomentar, ”It seems interesting if I see on your picture, but unfortunately I don’t understand your language.” yang artinya,”tampaknya itu menarik, tapi sayangnya saya tidak mengerti bahasamu (bahasa Indonesia).”

Sebagai makhluk sosial  kadang saya ingin berbagi  informasi dengan siapa pun baik yang di dalam maupun di luar negeri. Berhubung salah satu bahasa Internasional yang saya pelajari adalah bahasa Inggris, ya saya gunakan bahasa tersebut. Selain itu sebagai mahasiswi jurusan Sastra Inggris, saya sering berlatih untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris saya. Sesekali memposting tulisan berbahasa Inggris di akun Facebook adalah salah satu cara saya dalam mengasah writing skill saya dalam bahasa Inggris.


Nah, adek-adek bisa juga mencoba cara yang sama untuk melatih kemampuan menulis kalian dalam belajar bahasa Inggris. Bisa dimulai dari kalimat-kalimat sederhana atau bahkan kata-kata motivasi karangan kalian. Semangat Mencoba ! J J
Previous Post
Next Post

0 komentar: